Comments

Pages

Kamis, 10 Januari 2013

World Mayor 2012: Jokowi (Joko Widodo) Mendapatkan Peringkat 3 Walikota Terbaik Dunia

Posted by at 22.32 Read our previous post
World Mayor 2012: Jokowi (Joko Widodo) Mendapatkan Peringkat 3 Walikota Terbaik Dunia

Prestasi Jokowi sebagai Walikota Solo diakui dunia. Situs World Mayor menobatkan pria yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta itu sebagai walikota terbaik nomor tiga di dunia pada 2012.
Jokowi berada di bawah Inaki Azkuna, Walikota Bilbao, Spanyol yang dinobatkan sebagai yang terbaik dunia, dan Lisa Scaffidi, Walikota Perth, Australia yang didaulat di posisi kedua.
"Posisi ketiga World Mayor Project diraih JokoWidodo, Walikota Surakarta, Indonesia, yang pada Juli 2005 menjadi walikota pertama yang dipilih secara langsung. Pada 2012 ia terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta, ibukota Indonesia," demikian pengumuman yang dimuat di situs worldmayor.com , Selasa 8 Januari 2012.
Prestasi Jokowi yang diakui adalah keberhasilannya mengubah Surakarta alias Solo. "Joko Widodo mengubah kota yang sarat kriminalitas menjadi pusat seni dan budaya, yang mulai menarik perhatian turis dunia."
Juga dalam pemberantasan korupsi."Kampanyenya melawan korupsi membuatnya memiliki reputasi sebagai politisi paling jujur di Indonesia. Joko Widodojuga menolak menerima gaji selama menjabat sebagai Walikota Solo."
Sementara, Sang Pemenang, peraih 2012 World Mayor Prize , Inaki Azkuna, Walikota Bilbao dianggap berhasil mengubah kota di utara Provinsi Basque, dari pusat industri yang meredup menjadi kota wisata dan seni yang menarik wisatawan asing.
"Transformasi kota dipicu dua peristiwa: pembukaan Museum Guggenheim pada tahun 1997 dan pemilihan Inaki Azkuna sebagai walikota dua tahun kemudian."
Sementara Walikota Perth, Lisa Scaffidi, yangmendapat gelar World Mayor Commendation dianggap berhasil meningkatkan profil kota secara internasional, di saat yang bersamaan mengangkat isu lokal sebagai prioritasnya.
World Mayor, yang digagas� City Mayors Foundation, bertujuan untuk meningkatkan profil walikota di seluruh dunia. Serta untuk memberi penghormatan pada individu pemimpin yang punya kontribusi pada komunitas dan kesejahteraan kotanya, lingkup nasional, bahkan internasional.
Selama putaran World Mayor 2012, 18 Juni hingga 20 Oktober 2012, masyarakat dunia diundang untuk memilih dari daftar 25 kandidat walikota pilihan.

Sumber : http://m.liputan6.com/read/482341/world-mayor-2012-jokowi-peringkat-3-walikota-terbaik-dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© All Master is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon - Best SEO Template